tiktok-shopify-ekspansi
Teknologi

TikTok Gandeng Shopify Ekspansi ke Eropa dan Asia

TikTok bermitra dengan Shopify untuk berekspansi ke Eropa dan Asia

tiktok-shopify-ekspansi

Manajemen platform media sosial video TikTok terus melawan tekanan dari pemerintah AS. Setelah ByteDance harus mentransfer aktivitas AS ke perusahaan lain, ByteDance mengejar strategi ekspansi yang berbeda. Mereka melihat Eropa dan negara-negara Asia lainnya sebagai pasar.

Perusahaan teknologi China baru saja bermitra dengan pengecer online Shopify. Satu juta penjual di platform Shopify dapat memasarkan produk mereka di video TikTok. Pengguna TikTok cukup mengetuk tautan di layar untuk membeli produk.

Fitur ini akan diluncurkan di Amerika Serikat untuk pertama kalinya tahun ini. Pasar Eropa dan Asia Tenggara akan memiliki karakteristik yang sama tahun depan. “Kami menemukan bahwa komunitas di platform suka terhubung dengan merek yang mereka sukai,” kata juru bicara TikTok kepada BBC.

TikTok juga mengumumkan akan mempekerjakan 3.000 insinyur TI. Para insinyur ini diharapkan bekerja di pasar utama seperti Eropa, Kanada, Amerika Serikat, dan Asia Tenggara.

Saat ini, pasukan teknik TikTok di luar China telah mencapai seribu pekerja di luar China. Hampir setengahnya berbasis di California, AS. “Semua ini untuk mendukung pertumbuhan global kita yang pesat,” katanya.

Rencana ekspansi TikTok tampaknya menjadi pilihan mengingat situasi saat ini. ByteDance terpaksa menyerahkan hak operasi TikTok kepada Oracle dan Walmart di tanah Paman Sam. Jika tidak, pemerintahan Trump mengancam akan memblokir mereka pada 12 November.

Mereka juga memblokir beberapa negara seperti India dengan tuduhan yang sama. Seperti platform China lainnya, TikTok dituduh sebagai akronim untuk agen mata-mata Partai Komunis. Trump menuduh TikTok telah memberikan informasi tentang 100 juta pengguna dari Amerika Serikat kepada rezim Xi Jinping.

Sumber :