Penilaian-diri-sifat-bangunan-strategi-manfaat-contoh
Pendidikan

Penilaian diri: sifat, bangunan, strategi, manfaat, contoh

Definisi penilaian diri
Baca cepat Buka

Self-assessment adalah metode penilaian yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanggung jawab atas pembelajarannya sendiri. Mereka diberi kesempatan untuk menilai pekerjaan dan keterampilan mereka berdasarkan pengalaman mereka. Reys, Suydam, Linguist, & Smith (1998) mengatakan bahwa siswa adalah penilai terbaik dari perasaan dan pekerjaan mereka sendiri. Oleh karena itu, guru dapat memulai proses penilaian diri dengan kesempatan kepada siswa untuk memvalidasi pemikiran mereka sendiri atau jawaban atas pekerjaan mereka. Siswa perlu meninjau pekerjaan mereka dan mempertimbangkan apa yang mereka lakukan dengan baik dan di bidang apa mereka membutuhkan bantuan. Untuk membantu siswa memahami proses penilaian diri,

guru perlu memberi mereka lembar penilaian diri.

Penilaian-diri-sifat-bangunan-strategi-manfaat-contoh

Penilaian diri dapat meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab siswa, karena pengulas yang memiliki pemahaman menyeluruh terhadap siswa adalah siswa itu sendiri dan siswa menjadi peninjau terbaik dari pekerjaannya sendiri. Selama ini penilaian keberhasilan belajar siswa biasanya dilakukan oleh guru, sedangkan siswa menjadi subyek penilaian. Sehingga informasi yang diterima tidak mencerminkan gambaran siswa yang sebenarnya. Misalnya, seorang guru memberikan nilai jelek kepada siswa yang suka menggoda temannya saat guru sedang mengajar. Di sini guru tidak mengambil keputusan berdasarkan kemampuan siswa itu sendiri, tetapi hanya berdasarkan perilaku siswa seperti yang dilihat oleh guru dengan mata telanjang, meskipun guru tidak tahu persis apa atau mengapa siswa itu mengganggu temannya. .
Baca lebih lanjut: Memahami BPR

Fitur evaluasi diri

Di bawah ini adalah beberapa karakteristik penilaian diri, yaitu:

Motivasi diri: Kewajiban direktur sekolah: Jika PDK dianggap sebagai bagian dari perencanaan sekolah, maka direktur sekolah, staf dan guru dan siswa benar-benar menggunakan PDK. Di sisi lain, jika kepala sekolah tidak percaya dengan manfaat PDK, mustahil kegiatan PDK bisa berjalan dengan baik.
Disosialisasikan dengan baik: Pentingnya pelaksanaan PDK harus diyakini oleh semua kepala sekolah, karena PDK berkaitan dengan kinerja sekolah. Dengan sosialisasi yang tepat, semua pihak akan mendukung pelaksanaan PDK sehingga diharapkan data yang terkumpul dapat diolah secara cermat dan hasilnya dapat meningkatkan kegiatan PBM.
Berkelanjutan: PDK diakui sebagai bagian dari manajemen sekolah berkelanjutan dalam konteks manajemen mutu kegiatan PBM dan peningkatan mutu sekolah.
Transparansi: Pengungkapan hasil PDK dimungkinkan melalui mekanisme perbandingan data yang terkumpul. Transparansi dapat dicapai ketika semua pihak merasa perlu untuk mengidentifikasi diri sebelum merencanakan kegiatan di masa depan.

Pengembangan iklim kelas untuk penilaian diri

Beberapa alat penilaian yang digunakan untuk menginisiasi dan memperkuat kepercayaan diri guru dan siswa dalam penilaian diri terkait iklim sekolah adalah:

wawancara

Siswa dapat diminta untuk melihat kemajuan mereka dalam memahami suatu topik dengan melakukan wawancara dan kemudian mendengarkan rekaman hasil wawancara yang mereka lakukan untuk melihat kesesuaian antara hal-hal yang diidentifikasi dan hal-hal yang mengarah pada kriteria Pembelajaran itu.

buku harian

Siswa dapat diminta untuk mempelajari majalah yang relevan dengan studi mereka. Agar kegiatan ini berkualitas, tidak dilakukan secara rutin. Siswa mungkin termotivasi untuk menulis dan kemudian merespons ketika apa yang mereka tulis berkaitan dengan apa yang mereka pelajari.

Portofolio

Metodologi ini sangat terkenal informasi penting yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk membuat keputusan tentang evaluasi relatif dari pekerjaan mereka dan untuk mendorong mereka untuk mengumpulkan apa yang dianggap sebagai yang terbaik dari hasil kinerja mereka.

Merekam / merekam

Hasil penilaian dicatat untuk berbagai tujuan. Guru membutuhkannya sebagai laporan kemajuan siswa kepada orang tua atau pihak lain, atau dapat digunakan untuk menilai efektivitas pembelajaran. Pada dasarnya semua informasi dari evaluasi diri dan dari penilaian lain dapat dikumpulkan dan dicatat.
Baca lebih lanjut: Arsip adalah

Evaluasi rekan

Penilaian ini termasuk dalam bagian yang berbeda karena beberapa aspek yang membedakan antara penilaian sejawat dan penilaian diri. Salah satu kelebihan peer assessment adalah membantu pembentukan kepribadian dan karakter sosial siswa. Siswa akan belajar sebagai individu

 

Lihat Juga :

https://student.blog.dinus.ac.id/handay/kurva-penawaran/
https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/kantor-ketenagakerjaan/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/definisi-indeks-harga/
http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/repeater-definisi/
http://aldirenaldi.blog.institutpendidikan.ac.id/definisi-literasi-keuangan/
https://linda134.student.unidar.ac.id/2021/07/modem-adalah-definisi-fungsi-jenis-mode.html
https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/masalah-prioritas/
http://linux.blog.gunadarma.ac.id/2021/07/05/terapi-aktivitas-kelompok/
http://blog.isi-dps.ac.id/nyomanyudiawan/menanam-wortel-sejarah-konten-varietas-kondisi/
http://dewi_marisa12u.staff.ipb.ac.id/2021/07/04/trikoma-adalah/
http://blog.dinamika.ac.id/arya/2021/07/04/kurva-permintaan-elastisitas/
http://staff.unila.ac.id/siswantoro/investasi-adalah/
https://perpustakaan.unibabwi.ac.id/akuntansi-adalah-tujuan-fungsi-peran-prinsip-konsep/
https://blogs.itb.ac.id/blogbantuy/manajemen-proyek/
http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/wanita-sholehah/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/teks-eksplanasi/
http://srijapri.mahasiswa.unimus.ac.id/kegiatan-ekonomi/
http://firman.blog.unas.ac.id/iptek-adalah/
https://www.beritasatu.com/digital/105253/ini-cara-penggunaan-kelebihan-dan-kekurangan-whatsapp-web
https://www.wartaekonomi.co.id/read349016/guys-catat-baik-baik-ini-cara-login-dan-logout-wa-web-yang-paling-benar