Ketahui-5-konsep-pemasaran-dan-contohnya
Teknologi

Ketahui 5 konsep pemasaran dan contohnya

Persaingan bisnis yang semakin ketat menyebabkan banyak pelaku bisnis mencari cara terbaik agar bisnisnya tetap berjalan. Salah satunya dengan menggunakan konsep pemasaran.

Ketahui 5 konsep pemasaran dan contohnya

Memahami apa itu konsep pemasaran akan membantu Anda menentukan strategi bisnis yang sesuai dengan produk dan layanan perusahaan Anda. Hal ini dapat membantu Anda mendapatkan hasil penjualan yang maksimal.

Ketahui-5-konsep-pemasaran-dan-contohnya

Tapi apa sebenarnya konsep pemasaran itu? Nah, buat kamu yang ingin tahu lebih lanjut tentang hal ini, baca artikel di bawah ini, oke!

Memahami konsep pemasaran

Konsep pemasaran adalah konsep untuk memaksimalkan keuntungan. Caranya dengan memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan penjualan, dan mengalahkan pesaing. Fokusnya adalah pada pemahaman kebutuhan pelanggan untuk membangun hubungan yang menguntungkan antara pelanggan dan perusahaan.

Konsep pemasaran disebut juga dengan konsep pemasaran. Konsep ini berbeda dengan pemasaran pada umumnya yang menitikberatkan pada penjualan barang atau jasa dengan teknik promosi yang tepat.

Selain itu, konsep pemasaran juga menggunakan data pemasaran untuk memetakan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan cara ini strategi pemasaran bisa efektif. Misalnya, materi promosi berbeda antara pelanggan yang ingin membeli produk murah dari pelanggan yang mencari produk berkualitas tinggi, dll.

Baca juga: Ingin Jadi Manajer Produk? Berikut adalah tanggung jawab dan keterampilan yang perlu Anda ketahui
3 hal yang harus dipahami dalam konsep pemasaran

Umumnya, sebuah perusahaan menggunakan konsep pemasaran untuk menentukan poin-poin penting yang ingin ditekankan selama promosi. Namun, ada konsep yang lebih mendasar untuk menjawab pertanyaan yang sama.

Berikut tiga hal penting yang harus dipahami saat melakukan pemasaran.

kebutuhan (needs). Sesuatu yang diperlukan untuk kelangsungan hidup. Misalnya, pangan, papan, pengembangan diri, dan keamanan. Konsep pemasaran yang paling tepat adalah konsep pemasaran dan konsep pemasaran sosial.
keinginan (ingin). Sesuatu yang diinginkan dalam kehidupan manusia. Konsep pemasaran yang sesuai untuk memenuhi keinginan tersebut adalah konsep penjualan.
Piutang (Piutang). Ketika keinginan dan kebutuhan didukung oleh kemampuan, kebutuhan muncul. Konsep produk merupakan konsep pemasaran yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Apa Itu Pemasaran? Apa strategi pemasaran terbaik untuk bisnis?
5 konsep pemasaran dan contohnya

Ada lima konsep pemasaran ideal yang perlu diketahui para pebisnis. Berikut adalah penjelasan dari 5 konsep pemasaran dan contohnya:
1. Konsep produksi
ilustrasi produksi

Konsep produksi mengasumsikan bahwa konsumen lebih menyukai produk yang terjangkau dan tersedia dalam jumlah banyak. Hal ini menuntut manajemen untuk lebih fokus pada proses produksi dan distribusi. Konsep ini berfokus pada peningkatan produksi dan produksi barang murah untuk meminimalkan biaya produksi.

Sehingga dengan konsep produksi ini, suplai produk selalu tinggi dan tidak ada kekurangan barang. Tujuannya pasti untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Semakin banyak produk yang dihasilkan maka penjualan akan semakin meningkat.

Kelebihan:

Baik untuk pelanggan. Produksi massal dapat menurunkan harga produk dan jasa dan membuat waktu produksi lebih efisien. Akibatnya, pelanggan tidak perlu khawatir tentang kekurangan produk.
Murah. Konsep produksi memastikan bahwa produk yang dicari pelanggan tersedia di pasar dengan harga yang wajar.
menarik investor. Secara umum, konsep produksi berlaku dalam lingkungan pasar yang tidak kompetitif. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Alhasil, banyak investor yang tertarik dengan perusahaan tersebut.
penawar. Pemasok cenderung membangun hubungan dengan produsen besar. Karena menurut mereka pesanan yang didapat lebih konsisten. Keduanya sama-sama diuntungkan dari proses produksi.

Cacat:

Kualitas rendah. Konsep produksi menekankan pada efisiensi produk manufaktur, sehingga barang yang dihasilkan berkualitas rendah. Namun, pelanggan tetap membelinya karena tidak punya pilihan lain.
Hindari permintaan pelanggan. Ketika datang ke konsep produksi, kebutuhan dan keinginan pelanggan adalah kepentingan kedua bagi perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan membuat produk untuk banyak orang dan tidak membidik segmen tertentu.
Tidak relevan dengan kondisi pasar saat ini. Pasar saat ini sangat kompetitif. Kondisi ini mendorong Anda untuk mencoba strategi baru

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel terpercaya